rhioex.blog

Pages

Friday 20 April 2012

Menghindari Virus Dari Flashdisk


Mas tolong donk, saya mau Presentasi tapi Flashdisk Ku Kena VIRUS & data-data ku ilang nih.. udah gitu komputer saya juga ikut-ikutan kena virus nih mas gara-gara masukin flashdisk saya ke komputer… Mas Tolong scan flashdisk saya ya..!!! Kalo bisa datanya yang hilang juga dibalikin ya..!!!
Mungkin itu perkataan yang hampir setiap hari saya dengar. memang flashdisk membuat kita menjadi lebih mudah dalam hal menyimpan data dan ringan untuk dibawa kemana-mana, tapi kebanyakan orang salah mempersepsikan kegunaan flaskdisk. Kebanyakan orang melakukan hal serupa yaitu flaskdisk digunakan untuk menyimpan data-data sensitif atau data-data rahasia mereka. Padahal flashdisk merupakan sasaran empuk bagi VIRUS-VIRUS dan sangat rentan datanya tercuri.
Pertanyaannya saat ini yaitu bagaimana caranya supaya flashdisk kita tidak dapat dijangkiti oleh virus..??? Pertanyaan itu susah-susah gampang untuk dijawab karena bukan hal yang mustahil jika flashdisk kita tetap terjangkiti virus walau telah menggunakan berbagai cara dari menggunakan software anti virus, protecsi usb, dll. tetapi hal yang paling mudah yaitu jangan sembarang menancapkan flashdisk anda pada komputer yang diragukan kebersihannya atas virus. contohnya seperti rental, kampus, atau komputer umum lainnya karena biasanya virus-virus senang bermain-main disana..hehe..


Untuk mengamankan komputer anda dari virus yang berasal dari flashdisk ada beberapa cara yaitu:
  1. Matikan system autorun komputer anda… dengan mematikan system autorun maka virus tidak akan langsung berjalan saat flashdisk anda tertancap ke komputer. cara mematikan autorunnya yaitu dengan sedikit utak-atik registry yaitu HKEY_CURRENT_USERSoftwareWindowsCurrentVersionPoliciesExplorer klik ganda NoDriveTypeAutorun dan masukan angka 95 pada value data.
  2. Pasang Anti virus yang ter update.. saat ini sudah banyak Antivirus yang sangat bagus contohnya bitdefender, avira, avg, kaspersky, nod32, norton, ansav, smadav, pcmav, dll. dari sekian banyak antivirus hampir semua memerlukan update untuk penambahan databasenya dan untuk meningkatkan kinerjanya.
  3. Insatall USB Protector. software satu ini langsung melakukan scaning otomatis saat flasdisk masuk dan memberi peringatan saat ada file yang membahayakan.
  4. Install Deepfreez. mungkin bagi kalian yang malas untuk melakukan semua hal diatas maka software ini adalah solusi yang paling jitu. karena tanpa software antivirus sekalipun komputer dirasa sudah cukup aman dari terjangan virus.
Dan bagaimana supaya flashdisk kita tidak terkena virus..?????Cara untuk mengatasi agar flashdisk kita tidak terkena virus itu sangat sulit. perlu diketahui juga sampai tulisan ini terbit USB saya sendiri sering terkena virus… tapi untuk pencegahan biasanya saya merubah autorun yang ada di USB saya sebagai berikut :
[autorun]
useautoplay=1
icon=ansav.exe
shellexecute=ansav.exe
text diatas disave dengan nama autorun.inf . dalam text tersebut tertulis ansav.exe maksudnya disini saya menjalankan antivirus ANSAV saat USB saya tertancap di komputer. ket: untuk menjalankan hal diatas maka ansav+pluginsnya harus terdapat di muka usb dan sebaiknya file2 tersebut di hide untuk mencegah filenya terhapus. Dan apabila ansav (anti virus yg ada di usb saya) tidak berjalan atau icon usb saya berubah maka dapat diprediksikan telah terjadi 2 kemungkinan. 1. autorunnya telah durubah oleh virus yg berarti USB saya terdapat virus dan 2. autorunnya terhapus..!!! dan apabila hal itu terjadi langkah utama saya yaitu melakukan scaning dengan anvir kepercayaan saya yang tentunya terupdate.
Dan bagaimana caranya supaya data-data penting saya yang dihapus oleh virus bisa kembali..???
Mmm.. Kebanyakan virus tidak menghapus data tetapi biasanya hanya menyembunyikannya / menghide file agar tidak terlihat. untuk memunculkan kembali data yang terhide dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu:
  1. menubar klik tools lalu pilih folder options. setelah itu pilih view setelah itu check yang bertuliskan show hidden files and folders. Setelah muncul data-data yang terhide klik kanan file atau folder yang terhide pilih properties hilangkan check pada pilihan hidden… atau cara ke 2 yang lebih mudah.
  2. Saat ini banyak antivirus yang memiliki fiture untuk memunculkan data yang terhide contohnya ansav dan smadav. Apabila anda memakai antivirus ansav, 1. jalankan ansav lalu pilih plugins lalu klik hidden revealer. Setelah itu pilih drive atau usb mana yang akan dimunculkan file-file yang terhide. lalu klik start.
Dan seandainya data anda tidak muncul walau sudah melakukan cara-cara diatas kemungkinan besar data anda sudah terhapus.Untuk mengembalikan data anda yang sudah terhapus, anda dapat menggunakan cara terakhir yaitu dengan menggunakan software data back seperti: get data back, recovery my file dan masih banyak lagi…
Huh..mungkin hanya itu yang bisa saya sharing.. semua hal diatas telah saya coba dan komputer saya hampir tidak pernah terkena virus yang berasal dari flashdisk..Thank’s
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net