rhioex.blog

Pages

Sunday 27 March 2016

Mau Coba Belajar Parkour? Ini Teknik dasarnya!

 

Parkour merupakan suatu gerakan berpindah tempat dengan mengandalkan keefisienan dan keindahan gerak tubuh. Parkour juga dapat membantu seseorang untuk bergerak lebih cepat dari suatu tempat ke tempat lain. Namun Parkour tidak bisa begitu saja disebut sebagai olahraga atau kegiatan yang ekstrim, karena Parkour merupakan suatu disiplin diri. Sebelum seseorang hendak belajar parkour, pelajarilah gerakan-gerakan dasar yang menjadi gerakan Parkour. Dibawah ini saya akan memaparkan beberapa gerakan dasar parkour yang salah satu nya mungkin merupakan gerakan free running seperti back flip/ front flip. Cekidot.


1. Presision Jump


                             

Gerakan yang satu ini merupakan gerakan yang paling dasar dari parkour. Presision jump merupakan gerakan melompat dengan pendaratan dengan DUA KAKI. Untuk melakukan gerakan ini dengan sempurna,  lakukan lah lompatan dengan bentuk parabola melingkar ke atas dengan bantuan ayunan tangan dari belakang ke depan.



2. Wall Climb

Wall climb adalah gerakan memanjat atau menaiki suatu obstacle yang lebih tinggi dari ukuran tubuh kita. Dasar dari gerakan ini berada pada saat menarik badan ke atas seperti contoh gambar di atas. Untuk mengasah skil ini, sering-seringlah melakukan pull-up.


3. Vault

Nahh,, kalau gerakan yang satu ini merupakan gerakan yang paling banyak di gunakan oleh para praktisi parkour terutama di Indonesia. Vault merupakan gerakan melewati obstacle yang tingginya lebih rendah atau kadang bisa lebih tinggi dari badan kita. Gerakan vault memiliki variasi yang sangat banyak. Untuk lebih rincinya macam-macam gerakan vault akan saya bahas pada lain kesempatan. :D


4. Back Flip

Pencipta Parkour yaitu David Belle menentang gerakan ini disebut sebagai gerakan Parkour, kareena gerakan ini tidak sejalan dengan filosofi Parkour yang beliau buat. Beliau mengatakan bahwa gerakan ini tidak efektif dan efisien dalam berpindah tempat. Walau begitu para praktisi parkour dunia tetap banyak melakukan gerakan ini. Gerakan ini masuk dalam gerakan Free Running.

5. Front Flip




Gerakan ini juga merupakan gerakan Free Runing. Perbedaan Front Flip dengan Back Flip terlihat dari rotasi putarannya. Gerakan Front Flip berotasi ke arah depan.

6. Wall Flip

Gerakan ini hampir sama dengan gerakan Back Flip, hanya saja Wall Flip bertumpu pada didinding atau tembok. Sebelum berlatih gerakan Wall Flip alangkah baiknya berlatih gerakan Back Flip terlebih dahulu.

7.Wall Spin

Gerakan yang satu ini dapat dibilang gerakan susah susah gampang. Wall Spin bergerak dengan tumpuan kedua tangan dan berotasi ke arah samping. Sebenarnya tumpuan dari gerakan satu ini hanyalah pada satu tangan, tangan yang lain hanyalah dorongan agar badan bergerak atau berputar ke arah samping.


8.Roll


Nahh gerakan ini merupakan gerakan yang wajib dikuasai oleh setiap praktisi parkour. Gerakan ini merupakan gerakan yang membantu seorang praktisi melakukan drop dari lompatan agar badan tidak terhempas keras ke bawah. Layaknya sebuah bola yang dilempar ke atas dan pada saat jatuh bola tersebut bergelinding dari hasil ayunan atau dorongan kedepan.
Gerakan Roll juga dapat membantu seorang praktisi untuk melanjutkan lari setelah lompatan dari atas ke bawah, karena posisi akhir Rolling aadalah setengah duduk dan posisi siap lari. (lihat gambar diatas)


9. Cat Leap


                                           


Gerakan ini memiliki gerakan awal yang mirip dengan Presision Jump hanya saja gerakan akhir Cap Leap memegang suatu obstacle layaknya hendak melakukan Climb UP. Namun gerakan ini juga bisa divariasikan dengan awalan berlari sehingga saat melompat tolakan hanya bertumpu pada satu kaki.
 




sumber : http://parkour-generasi.blogspot.co.id
re edit : rhioex
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net