rhioex.blog

Pages

Saturday 24 December 2011

Natal, Telkomsel Siap Hadapi Serbuan 878 Juta SMS

Jakarta - Layaknya Hari Raya Idul Fitri, lonjakan trafik layanan telekomunikasi juga akan terjadi pada puncak perayaan Natal yang jatuh pada 25 Desember. Telkomsel memperkirakan akan ada 878 juta pesan singkat yang lalu lalang di jaringan mereka.

Jumlah ini meningkat 10-15% dibanding pada hari-hari normal sepanjang tahun 2011. Dimana anak usaha Telkom tersebut biasanya mengantisipasi sekitar 763 juta pesan singkat.

Kenaikan trafik pun diprediksi juga akan terjadi di layananvoice dan data, dimana lonjakan berkisar di angka 3-15%. Adapun kenaikan tertinggi disebutkan bakal berasal dari layanan MMS. Tak tanggung-tanggung, MMS diproyeksikan akan melonjak 40-60% atau setara dengan 1 juta MMS.

Telkomsel sendiri mengaku telah mengantisipasi kenaikan trafik jaringan telekomunikasi ini dari berbagai sisi. Termasuk dengan telah melakukan uji jaringan di beberapa area yang diprediksi menjadi pusat keramaian, seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan. 

Uji jaringan yang dilakukan kali ini lebih fokus ke penggunaan data, baik itu dengan menggunakan laptop maupun smartphone. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan kenyamanan penggunaan jaringan Telkomsel saat melakukan komunikasi data yang telah menjadi kebutuhan pelanggan selular saat ini, terutama pada saat trafik komunikasi data yang sangat tinggi.

"Telkomsel telah menyiapkan seluruh elemen jaringan melalui peningkatan kualitas jaringan terluas dengan kapasitas yang memadai untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi pelanggan pada saat Natal 2011 dan Tahun Baru 2012," kata Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, dalam keterangannya, Sabtu (24/12/2011).

Sejumlah kesiapan infrastruktur yang telah dimiliki Telkomsel antara lain:

-. Ketersediaan BTS Pico via satelit VSAT IP di 15 kapal Pelni.
-. BTS berjumlah lebih dari 44.000 unit. 
-. Dukungan 9.000 Node B (BTS 3G) yang tersebar dari Sumatera hingga wilayah Timur Indonesia dengan bandwidth 20 Gbps.
-. Kapasitas layanan BlackBerry telah ditingkatkan menjadi 5 Gbps, dan diklaim sebagai jaringan BlackBerry berkapasitas terbesar di Indonesia (tahun 2010 hanya berkapasitas 1,2 Gbps). 
-. Kapasitas SMSC (Short Message Service Center) menjadi 83.750 SMS per detik atau setara dengan 7,2 miliar SMS per hari.


sumber : Detik.com
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net